Membangun Budaya Literasi di Desa Parangbaddo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Authors

  • Westy Tenriawi Sanitasi Lingkungan Politeknik Indonesia Makassar
  • Kartini Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59823/dedikasi.v1i2.26

Keywords:

Literasi, masyarakat desa

Abstract

Kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kecerdasan dan pengetahuannya, sedangkan kecerdasan dan pengetahuan di hasilkan oleh seberapa ilmu pengetahuan yang didapat, sedangkan ilmu pengetahuan di dapat dari informasi yang diperoleh dari lisan maupun tulisan. Saat ini perkembangan teknologi telah menghasilkan peradaban baru bagi manusia. Dalam hal ini teknologi berkaitan erat dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dapat berkembang pesat salah satunya melalui budaya membaca. Durasi waktu masyarakat Indonesia untuk membaca rata-rata hanya 30-59 menit per hari (kurang satu jam), sementara di negara maju rata-rata mencapai 6-8 jam per hari. Oleh karena itu budaya literasi perlu ditingkatkan kembali, yang salah satu caranya melalui sosialisasi tentang pentingnya budaya literasi untuk masyarakat terkhusus di Desa, Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen ini di Desa Parangbaddo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menjadi salah satu upaya meningkatkan minat, pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam hal literasi.

References

Azra, Azyumardi. 1998. Essei-essei intelektual Muslim dan Pendidikan Islam.Jakarta: Logos Wacana Ilmu Crystal. David.2007. English as Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Central Intelligence Agency, C. (2017). The World Factbook. Melalui: https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/rankorder/2119rank.html, diakses tanggal 7 Maret 2020.

Damanhuri, Didin S. 1985.Menerobos Krisis renungan Masalah Kemahasiswaan, Intelektual, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Inti Sarana Aksara Imam.

Notoatmodjo, S. (2008). Kesehatan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 2, No. 5.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa di Universitas Bengkulu, 15 Desember 2015.

S Novi Pramono Ardiansyah, Berly. 2000. ”Pemuda dalam Fenomena Gerakan Reformasi’98 di Indonesia”dalam Mencari Kembali Pemuda Indonesia Penuturan Para Aktifis dari Berbagai Generasi.Jakarta: CYFIS Press.

Susiani, Maya. “Menyemai Budaya Literasi”. http://www.rumahdunia.net (16 September 2010)

Published

2023-05-31

How to Cite

Tenriawi, W., & Kartini. (2023). Membangun Budaya Literasi di Desa Parangbaddo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. SENTRA DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49-53. https://doi.org/10.59823/dedikasi.v1i2.26