PLAGIARISM POLICIES

"PLAGIARISME" dapat terjadi dalam dua bentuk: 1) penulis dengan sengaja menyalin karya orang lain dan mengklaimnya sebagai milik mereka, atau 2) penulis menyalin materi miliknya yang telah diterbitkan sebelumnya baik seluruhnya atau sebagian, tanpa memberikan referensi yang sesuai - juga disebut sebagai "self-plagiarism" atau "duplicate publication".

Plagiarisme sebelum publikasi
Sentra Dedikasi akan menilai setiap kasus plagiarisme atas dasar kemampuannya sendiri. Jika plagiarisme terdeteksi, baik oleh editor, peer reviewer atau staf editorial pada tahap apa pun sebelum publikasi manuskrip - sebelum atau setelah penerimaan, selama pengeditan atau pada tahap pembuktian halaman, kami akan memberi tahu penulis, bertanya padanya atau untuk menulis ulang teks atau mengutip teks dengan tepat dan mengutip sumber aslinya. Jika plagiarisme ekstensif - yaitu, jika setidaknya 20% dari kiriman asli /sama - artikel dapat ditolak dan institusi / perusahaan penulis akan diberitahu.

Kapan dilakukan pengecekan Plagiarisme?
Setiap manuskrip yang dikirimkan ke Sentra Dedikasi akan diperiksa plagiarisme setelah disubmit ke Sentra Dedikasi. Pengecekan plagiarisme dilakukan dengan Software Turnitin dan setelah dikirim ke editor untuk review editorial.

Bagaimana pengecekan plagiarisme dilakuan?
Sentra Dedikasi menggunakan Turnitin Software untuk mendeteksi adanya teks yang sama dan serupa dalam naskah yang dikirimkan. Turnitin adalah layanan web berbasis browser yang memverifikasi keaslian dokumen.

Plagiarisme
Mungkin saja naskah tidak dapat diakses secara bebas oleh layanan pengindeksan artikel karena pembatasan oleh pemrogram, jurnal, atau penerbit; atau tersedia di situs jurnal tetapi belum terindeks oleh layanan pengindeksan artikel. Dalam kasus seperti itu ketika pemeriksaan plagiarisme dilakukan, konten naskah yang diperiksa tidak dapat dibandingkan dengan naskah asli karena pembatasan dan plagiarisme tidak akan terdeteksi.