Pengembangan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Kaliwates Kembangbahu Lamongan

Authors

  • Evi Aulia Rachma Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan
  • Kuswanto Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan
  • Ety Youhanita Program Studi PPKn Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan
  • Ratna Nurdiana Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan
  • Ninies Eryadini Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan
  • Nur Fithria Wiji Astutik Program Studi PPKn Universitas PGRI Adi Buana Kampus Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.59823/dedikasi.v2i1.45

Keywords:

Pengembangan literasi, Numerasi

Abstract

Budaya literasi di Indonesia memang menjadi suatu aspek yang menarik untuk diperbincangkan, meskipun Indonesia memiliki keragaman budaya dan bahasa, tantangan literasi masih menjadi fokus utama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan literasi dan numerasi di SD Negeri Kaliwates. Rancangan prosedur kegiatan program PKM yang diusulkan melipui beberapa tahapan: (1) Persiapan kegiatan; (2) Perancangan Program; (3) Pelaksanaan AKM Kelas dan Asessmen Murid; (4) Implementasi Program; (5) Refleksi dan Evaluasi Implementasi Program. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah mengunakan metode praktik langsung pengembangan literasi dan numerasi di SD Negeri Kaliwates. Kesimpulan dari pengabdian masayarakat ini menunjukkan kegiatan post test AKM kelas mengalami peningkatan yang awalnya pada kegiatan pre test AKM Kelas untuk soal literasi presentase siswa yang menjawab soal dengan benar adalah 56% menjadi 95% pada kegiatan post-test. Sedangkan pada soal numerasi yang mulanya 46% meningkat menjadi 88%. Kemudian seluruh program kerja yang dilakukan sudah diimplementasikan dengan baik.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 61-76.

National Center for Education Statistics. (2012). Diambil kembali dari PROGRESS IN INTERNATIONAL READING LITERACY STUDY (PIRLS): https://nces.ed.gov/surveys/pirls/

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015

Published

2024-01-26

How to Cite

Rachma, E. A. ., Kuswanto, Youhanita, E. ., Nurdiana, R. ., Eryadini , N. ., & Astutik, N. F. W. . (2024). Pengembangan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Kaliwates Kembangbahu Lamongan. SENTRA DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.59823/dedikasi.v2i1.45

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.