Edukasi Tentang Makanan Cepat Saji dan Dampak Kesehatan Pada Masyarakat Urban Kota Makassar

Authors

  • Nur Hamdani Nur Universitas Pancasakti, Makassar
  • Muharti Syamsul Universitas Pancasakti, Makassar
  • Ivan Wijaya Universitas Pancasakti, Makassar
  • Anirwan Anirwan Universitas Pancasakti, Makassar
  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti, Makassar
  • Nurafni Shahnyb Universitas Pancasakti, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59823/dedikasi.v1i2.30

Keywords:

Edukasi, Penyuluhan, Brosur, Makanan Siap Saji, Dampak Kesehatan

Abstract

Makanan cepat saji merupakan makanan yang mengandung tinggi kalori, tinggi lemak dan rendah serat. Konsumsi tinggi makanan cepat saji dapat menyebabkan obesitas karena kandungan dari makanan cepat saji tersebut. Tingginya perilaku masyarakat mengkonsumsi makanan siap saji tentunya sangat mengancam bagi kondisi kesehatatan masyarakat yang ada di kota maupun desa. Hal ini dikarenakan pengetahuan dan sikap pola makan masyarakat mengenai akibat mengkonsumsi makanan siap saji sangat minim. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang makanan siap saji dan dampak kesehatan bagi masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan serta pembagian brosur. Keberhasilan kegiatan pengabdian dilihat dari tingkat pengetahuan masyarakat sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penyuluhan dan pembagian brosur. Hasil pendataan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat setelah penyuluhan dan pembagian brosur. Terdapat 16 dari 25 responden telah terkategori baik sebelum penyluhan (pre-test) meningkat menjadi 21 (86%) setelah penyuluhan (post-test). Demikian juga pada responden yang diberikan brosur, meningkat dari 34 (58%) responden dengan kategori baik menjadi 42 (70%) responden. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penyuluhan dan pemberian informasi melalui brosur dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang makanan siap saji dan dampaknya terhadap Kesehatan masyarakat.

References

Effendi, Bachtiar, 2002, Pembangunan Daerah Otonomi Berkeadilan, Yogyakarta, Uhaindo dan Offset.

Janah, I. C., dan Lastariwati, B. 2016. Hubungan Konsumsi Makanan Siap Saji Pada Siwa SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 1(7): 2.

Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(4), 460-473.

Lestari Indah, 2021. Pengaruh Penyuluhan Gizi Melalui Media Animasi Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Cepat Saji Pada Remaja Di Desa Binjai, Sumatera Utara: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Medan

Manyullei, S., Nurrahmah, A., Jufri, J., Kurniawan, A., Putranto, R. H., Su’udi, A., & Ukkas, U. K. (2023). Penyuluhan Kesehatan Mengenai Covid-19 pada Masyarakat Desa Laguruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. SENTRA DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.

Putri, H. (2018). Upaya peningkatan pengetahuan tentang hipertensi melalui metode penyuluhan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Septiana, P., Nugroho, F. A., & Wilujeng, C. S. (2018). Konsumsi junk food dan serat pada remaja putri overweight dan obesitas yang indekos. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 61-67.

Sutrisno, Pratiwi, D. C., Istiqomah, dkk. 2018. Edukasi Bahaya Junk Food (Makanan dan Snack) dan Jajan Sembarangan dikalangan Remaja. Journal of Community Engagement in Health, 1(1): 8.

Published

2023-05-31

How to Cite

Nur, N. H., Syamsul, M., Wijaya, I., Anirwan, A., Taufik, A., & Shahnyb, N. (2023). Edukasi Tentang Makanan Cepat Saji dan Dampak Kesehatan Pada Masyarakat Urban Kota Makassar. SENTRA DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66-71. https://doi.org/10.59823/dedikasi.v1i2.30